Doa selesai shalat dhuha

Pada umumnya shalat dhuha hampir sama shalat-shalat lainnya. Yang membedakannya adalah niat dari shalat dhuha, ketentuan membaca surat pendek pada shalat dhuha dan doa selesai shalat dhuha.
Untuk gerakan shalat dhuha sama seperti shalat-shalat lainnya, baik itu shalat fardhu ataupun shalat sunat.
Niat dan Doa selesai shalat dhuha
Jumlah rakaatnya pun bisa sampai 12 rakaat. Namun pengerjaan nya 2 rakaat – 2 rakaat. Artinya setelah 2 rakaat kemudian salam.

Shalat dhuha juga merupakan shalat sunat yang di anjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Yang dilakukan pada pagi hari. Baiknya pada pukul 09.00 hingga pukul 11.00.

Shalat dhuha memiliki fadhilah untuk memudahkan rizki kita.

Niat shalat dhuha
niat shalat dhuha

Usholli sunnatadh-dhuha rokataini mustaqbilal qiblati adaa an lillahi ta’ala.
Artinya “aku berniat melaksanakn shalat dhuha dua rakaat, menghadap kiblat, saat ini, Karena Allah Ta’ala”.

Bacaan Surat pendek shalat dhuha

Para ulama menganjurkan untuk membaca surat Asy-syamsi pada rakaat pertama dan surat Al-Kafirun pada rakaat kedua, 2 rakaat pertama. Sedangkan 2 rakaat kedua membaca surat Adh-dhuha pada rakaat pertama dan surat Al-Ikhlas pada rakaat keduanya. Untuk rakaat-rakaat selanjutnya membaca surat Al-kafirun pada rakaat pertama dan surat Al-Ikhlas pada rakaat kedua.

Namun jika anda tidak hafal surat Asy-syamsi dan Adh-dhuha. Anda bisa membaca surat Alkafirun dan surat Al-ikhlas pada rakaat pertama dan keduanya. Jangan sampai karena tidak hafal surat Asy-syamsi sehingga anda tidak melakukan shalat dhuha.

Doa Selesai Shalat dhuha
Doa selesai shalat dhuha

ALLAHUMMA INNADH DHUHA-A DHUHA-UKA ,, WAL BAHAA-A BAHAA-UKA ,, WAL JAMAALA JAMAALUKA ,, WAL QUWWATA QUWWATUKA ,, WAL QUDRATA QUDRATUKA ,, WAL ISHMATA ISHMATUKA .. ALLAHUMA INKAANA RIZQI FIS SAMMA-I FA ANZILHU ,, WA INKAANA FIL ARDHI FA-AKHRIJHU ,, WA INKAANA MU’ASARAN FAYASSIRHU ,, WAINKAANA HARAAMAN FATHAHHIRHU ,, WA INKAANA BA’IDAN FA QARIBHU ,, BIHAQQIDUHAA-IKA WA BAHAAIKA ,, WA JAMAALIKA WA QUWWATIKA WA QUDRATIKA ,, AATINI MAA ATAITA ‘IBADIKASH SHALIHIN.
Artinya :
“Wahai Tuhanku ,, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu ,, keagungan adalah keagunan-Mu ,, keindahan adalah keindahan-Mu ,, kekuatan adalah kekuatan-Mu ,, penjagaan adalah penjagaan-Mu ,, Wahai Tuhanku ,, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah ,, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah ,, apabila sukar mudahkanlah ,, apabila haram sucikanlah ,, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu ,, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku) ,, datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang soleh”.

Demikianlah niat shalat dhuha dan doa selesai shalat dhuha yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Doa selesai shalat dhuha"

Posting Komentar

//Image SEO Script by - Bloggingtipsbyakash.blogspot.com